Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH EDUKASI ANEMIA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR

Prodi : DIPLOMA III GIZI
Pengarang : SALMA INDANA ZULVA
Dosen Pembimbing : Annasari Mustafa.
Klasifikasi/Subjek : , Education Anemia, Knowledge Level, Young Women
Penerbitan : , Malang: 2018.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Salma Indana Zulva. 2018. Pengaruh Edukasi Anemia Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri di Pondok Pesantren MA Ma’arif NU Kota Blitar. Karya tulis Ilmiah, progam studi DIII Gizi Malang, Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Dibawah bimbingan : Annasari Mustafa. Anemia merupakan masalah nutrisi utama pada remaja dan umumnya pola makan salah sebagai penyebabnya disamping infeksi dan menstruasi. Prevalensi anemia defisiensi besi di Indonesia menurut data Depkes RI (2006) pada remaja puteri 28% (Hayati, 2010). Edukasi dilakukan untuk memberikan pemahaman para remaja putri sehingga upaya pencegahan dan penyembuhan anemia dapat di lakukan. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti tentang anemia terhadap tingkat pengetahuan remaja putri di Pondok Pesantren MA Ma’arif NU Kota Blitar. Tingkat pengetahuan tentang anemia di Pondok Pesantren MA Ma’arif NU Kota Blitar, Populasi dalam penelitian ini sebanyak 296, yang diambil menjadi 32 responden ditetapkan sebanyak 10% dari total populasi yang digunakan, dalam penelitian ini adalah santri usia 16 – 18 tahun kelas XI-B . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi anemia terhadap tingkat pengetahuan santri. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian quasy – eksperimen yaitu, menggunakan rancangan One Group Pretest – Posttest. Hasil analisis sebelum edukasi tingkat pengetahuan, dapat diketahui sebanyak 62% memiliki tingkat pengetahuan sedang. Setelah edukasi tingkat pengetahuan, dapat diketahui bahwa sebanyak 78% memiliki tingkat pengetahuan baik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Paired Sample T-test. Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan terhadap tingkat pengetahuan tentang anemia sebelum dan sesudah edukasi P-value sebesar 0,000 yang aritinya lebih kecil dari alfa (0,05). Kata Kunci: Edukasi Anemia, Tingkat Pengetahuan, Remaja Putri



Lampiran

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]